Cara Salto Belakang (Back Flip)

Sesuai judul diatas kita akan membahas tentang back flip atau salto belakang (begitu saya menyebutnya), sebenarnya gerakannya sederhana saat dilihat, tapi rada-rada susah saat mempraktekkannya (saat pengalaman pertama), gerakannya secara garis besar yaitu melompat dengan 2 kaki dengan lintasan kaki melewati kepala dan akhirnya mendarat kembali, baiklah kita bahas secara step by step.
  1. Berdiri dengan posisi setengah jongkok atau lutut agak sedikit dibengkokkan.
  2. Tangan menggantung disisi badan dengan rileks.
  3. Ayun tangan kebelakang kemudian ayun kedepan atas lurus dengan kepala bersamaan dengan itu kita melompat.
  4. Saat melompat lengkungkan badan, tekuk lutut saat berada diudara, dan mendarat.

Tips
  • Setiap salto pasti membutuhkan lompatan yang tinggi untuk menghasilkan landing yang baik, jadi pertama latihlah lompatanmu dulu sebelum berlatih salto. kalau belum bisa melompat dengan benar ya mungkin jangan terburu-buru untuk belajar salto, belajar lompat dengan baik dulu.
  • Teori dalam salto itu sangat diperlukan, untuk tahu teorinya mungkin temen-temen bisa download dulu video tutorial dan pelajari seperti putarannya bagaimana, perlu di tuck apa tidak, perhatikan bagaimana tangan, badan dan kakinya bekerja untuk menghasilkan putaran yang baik sehingga menghasilkan landing yang baik.
  • Setelah tahu teorinya bagaimana. mungkin temen-temen bisa langsung mencobanya di tempat yang aman macam gym, tapi untuk temen-temen yang di kotanya belum ada gym mungkin bisa mencobanya di air atau kolam. cari putarannya disitu dengan cara yang aman. setelah dapat, baru di dataran yang agak empuk macam kasur, damen, rumput dll. yang sekiranya itu aman buat kamu.
  • Dilakukan berulang-ulang (Repetition) itu penting karena untuk menghasilkan landing yang baik kita perlu repetisi. dan disisi lain untuk menghindari Memory Muscle.
  • Sering-seringlah saling sharing ke temen-temen sesama praktisi karena dari situ kamu akan dapat banyak masukkan tentang banyak hal. bisa lewat sosmed, komunitas atau keluar kota. karena kita perlu out of the box untuk menyerap banyak ilmu. mungkin itu aja tips yang bisa saya sampaikan ke temen-temen. pesan saya untuk flip adalah apapun putaran badanmu (salto/flip) yang penting usahakan itu dilakukan dengan aman dan baik, sehingga kita bisa merubah sudut pandang public menjadi lebih positif dan bukan sekedar lompat.

33 comments:

  1. bro...
    cara melatih lompatan agar semaksimal tinggi gimana.
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usahakan saat melompat di barengi dengan ayunan kedua tangan

      Delete
  2. Bro supaya tidak pusing itu gimana ya bro ketika salto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu karena belum terbiasa, kalo sudah terbiasa nggak akan pusing lagi

      Delete
  3. Replies
    1. Gw baru nyoba :'(

      Bibir gw langsung pecah :(

      Delete
  4. Replies
    1. Nanti lain waktu akan saya bahas tentang cara salto depan :)

      Delete
  5. Replies
    1. Kalo masih takut coba belajar di tempat yang aman/empuk contoh; air/damen

      Delete
    2. Kalau di air/kolam renang, harap diperhatikan dulu lantainya bro... Soalnya pernah pengalaman bukannya nyebur malah kepleset, untung kepala gak kejedot.. Tapi sakit juga ini punggung hehehehe

      Delete
  6. ini nih yang saya cari. Ijin praktek sob

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Gw nyoba dikasur :(
      Tp gagal ,malah bibir gw pecah kena lutut :(

      :v

      Delete
  8. jadi begitu yah bro caranya backflip. mantap sekali memang

    ReplyDelete
  9. kurang yakin min kalau mau salto belakangnya

    ReplyDelete
  10. Gan saya ingin belajar backfliptapi masih gk yakin, kepikiran "bejol, luka, cidera, dll". Itu cara ngatasinya gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara mengatasinya belajar ditempat yang aman/empuk bro supaya nggak benjol/cedera kalo jatuh, Dan yang penting kalo ingin bisa backflip kuncinya harus yakin dan berani!

      Delete
  11. Klau udh bisaa.. Tpii belum lurus kakinya.. Jadii pas landingg kakinnya sedikit menekuk.. Itiu cara lurusin nya kyak gmana broo...
    Mnta bantuannya...

    ReplyDelete
  12. Makasih. Tapi maaf mau tanya bagaimana melatihi lompatnya menjadi dan juga saya itu sudah pernah berkali kali latihan lompatnya tetapi hasilnya pada mulai coba saltonya tidak sempurna.
    Sudah terima kasih

    ReplyDelete
  13. Makasih. Tapi maaf mau tanya bagaimana melatihi lompatnya menjadi dan juga saya itu sudah pernah berkali kali latihan lompatnya tetapi hasilnya pada mulai coba saltonya tidak sempurna.
    Sudah terima kasih

    ReplyDelete
  14. Bro kalau mau belajar salto harus di tempat yg agak tinggi atau yg setara ajh

    ReplyDelete
  15. Bro klo mau solto itu tolakannya ke atas atau ke belakang bro.. Tolong infonya thanks

    ReplyDelete
  16. Bro klo mau solto lompatannya ke atas atau ke belakang bro.. Tolong infonya




    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog, I would love to hear your thoughts, so please feel free to leave a comment. Thanks