Trik Dasar dalam Parkour

Beberapa Gerakan Dasar Parkour

Gerakan Dasar I (Latihan Keseimbangan)
1. Landing
drop-and-land.jpg
Teknik mendarat di permukaan tanah. Cara terbaik mendarat adalah dengan mencondongkan posisi badan agak ke depan. Saat akan menyentuh tanah, gunakan kedua ujung kaki untuk mendarat.

Atau dengan kata lain mendarat dengan jinjit. Saat kaki menyentuh tanah usahakan badan juga diturunkan kemudian di seimbangkan dengan bantuan tangan.

Fungsi teknik Landing adalah untuk meminimize rasa sakit saat kita melompat ke bawah. Dengan teknik seperti diatas, kita akan mahir untuk terjun dari ketinggian sekitar 2,5 meter.

Yang perlu diperhatikan untuk pemula:
  • Cobalah belajar teknik Landing dari ketinggian yang pendek terlebih dahulu. Contohnya dari ketinggian satu meter atau kurang. Jangan langsung terjun dari yang tinggi-tinggi.
  • Usahakan kedua kaki bersamaan menyentuh tanah dengan sejajar dan di usahakan jinjit menggunakan ujung telapak kaki (bukan jari jari kaki).


2. Balance
balancing.jpg
Teknik Balance adalah teknik keseimbangan. Teknik ini dilakukan di atas permukaan tipis seperti di rail dan berjalan perlahan di atas rail untuk menjaga keseimbangan sekaligus melatih fokus dan kontrol.

Fungsi teknik Balance adalah untuk melatih keseimbangan, fokus dan kontrol melalui pikiran seseorang. Teknik ini sangat bermanfaat untuk membantu gerakan saat kita berlari untuk melakukan vault.

Yang perlu diperhatikan untuk pemula:
  • Latihan Balance bisa dimulai di tempat yang safety. Jangan langsung dilakukan di atas rail tipis kalo merasa belum yakin.
  • Fokus dan kontrol posisi badan saat melakukan Balance.


3. Cat Balance
cat-balance.jpg
Teknik Cat Balance dilakukan dengan cara memposisikan badan untuk merangkak bagaikan kucing di atas rail secara perlahan-lahan.

Fungsi teknik Cat Balance tidak hanya berguna untuk keseimbangan, kontrol dan fokus. Teknik ini juga berfungsi untuk menguatkan lengan dan punggung.

Yang harus diperhatikan pemula:
  • Usahakan melakukannya di tempat yang datar.
  • Saat memindahkan tangan dan kaki diusahakan berbarengan dan berlawanan antara kiri dan kanan.


Gerakan Dasar II (Latihan Kontrol dan Daya Tahan)
4. Precision Jump
precision-jump.jpg
Teknik melakukan lompatan statis dari satu objek ke objek lainnya untuk melatih power kontrol.

Cara melakukan Precision Jump adalah dengan bersiap melompat secara seksama dalam keadaan diam dengan full power. Saat akan mendarat di objek selanjutnya, kurangi power sehingga kontrol badan terpenuhi.

Atau dengan kata lain saat mendarat di objek selanjutnya, para traceur bisa mendarat dengan seimbang. Fungsi teknik Precision Jump adalah untuk mengontrol power dan melatih keseimbangan tubuh.

5. Rolling/Roll (Roulade)
roll.jpg
Gerakan berguling kedepan setelah melakukan lompatan. Hal ini bertujuan untuk mentransfer momentum atau energi setelah melompat.

6. Cat leap/Arm jump (Saut de bras)
cat-leap.jpg
Gerakan mendarat di salah satu sisi obstacles dengan menggunakan tangan seperti mencengkram sudut atas dari obstacles, menahan badan, dan bersiap untuk memanjat.

Gerakan Dasar III (Teknik Melompati Obstacles)
7. Turn vault/Demitour
turn-vault.jpg
Melompat dengan gerakan berputar 180° derajat; secara harfiahnya "setengah berputar". Gerakan ini berguna untuk menempatkan diri kalian bergelantungan dari salah satu sisi sebuah object ke sisi satunya untuk melakukan pendaratan jarak pendek atau bersiap untuk melompat ke object lainnya.

8. Lazy Vault
lazy-vault.jpg
Melewati obstacles dengan kecepatan rendah dengan menaikkan badan dibantu dengan satu tangan. Setelah melewati obstacles tersebut, kaki diluruskan dan dibantu dengan tangan yang lain sebagai tumpuan kedua.

9. Speed Vault
speed-vault.jpg
Lompat melewati obstacles dengan kecepatan penuh sambil memiringkan kaki untuk melewati obstacles dibantu dengan hentakan satu tangan.

10. Kong vault/Cat jump/pass (Saut de chat)
kong-vault.jpg
Gerakan lompatan dengan diving ke depan sehingga posisi badan terlihat horizontal, kemudian mendarat dengan tangan serta memasukan kaki melewati kedua tangan, sehingga badan kembali ke posisi vertical dan bersiap untuk mendarat.

11. Dash vault
dash-vault.jpg
Melewati obstacles dengan melompat menggunakan kedua kaki terlebih dahulu kearah depan sehingga badan dan kaki terlihat membentuk sudut 90 derajat, dan diteruskan dengan menahan badan dengan kedua tangan.

12. Reverse vault
reverse-vault.jpg
Gerakan melompat dengan perputaran 360°. Dalam lompatan ini, traceur's melompat dengan membalikkan badannya saat melewati sebuah obstacles.

Gerakan Dasar IV (Gerakan yang dilakukan berdasarkan track tertentu)
13. wall hop (Passe muraille)
wall-climb.jpg
Melompati tembok, yang biasanya menggunakan kaki dan ditendangkan ke arah tembok untuk merubah momentum awal ke momentum keatas, serta diikuti dengan penggunaan tangan saat di atas tembok untuk melewati tembok tersebut.

14. Underbar (Franchissement)
underbar.jpg
Melompat atau berayun melewati sebuah celah pada sebuah obstacles; secara harfiahnya "untuk melewati" atau "untuk menembus”.

15. Gap jump (Saut de détente)
gap-jump.jpg
Gerakan melompat dari sebuah obstacles untuk melewati sebuah gap atau jarak. Teknik ini biasanya diikuti dengan gerakan Roll. (biasanya didahului dengan berlari).

16. Tic tac
tic-tac.jpg
Gerakan menendang ke arah tembok yang dimaksudkan untuk melewati obstacle atau mencapai ketinggian untuk meraih sesuatu object.

No comments:

Post a Comment

Thank you for visiting my blog, I would love to hear your thoughts, so please feel free to leave a comment. Thanks